Selamat datang di Blog ini...

Blog ini berisi pembelajaran sejarah, bukti-bukti sejarah, dan segala wacana sejarah.

Sejarah sedemikian penting untuk dipelajari. Dengan sejarah kita belajar masa lalu, untuk berbuat pada hari ini, dan merencanakan masa depan.

Selamat mengunjungi blog ini !


Blogmaster

Rabu, 15 April 2009

Mesopotamia


Mesopotamia terletak di antara dua sungai besar, Eufrat dan Tigris. Daerah yang kini menjadi Republik Irak itu di zaman dahulu disebut Mesopotamia, yang dalam bahasa Yunani berarti "(daerah) di antara sungai-sungai". Entah sejak kapan nama itu dipakai untuk menyebut daerah itu. Namun, para penulis Yunani dan Latin kuno, seperti Polybius (abad 2 SM) dan Strabo (60 SM-20 M), sudah menggunakannya.

Menurut keyakinan Kristen dan Yahudi seperti dalam Perjanjian Lama , ada usaha menghubungkan keluarga Abraham (yang lalu disebut "Bapa Orang Beriman" dan diakui oleh tiga agama monoteistik dunia, Islam , Kristen , dan Yahudi ) dengan Mesopotamia. Dalam kitab Kejadian 11,31 dikatakan, pada suatu masa keluarga Abraham berpindah dari Ur- Kasdim ke Haran sebelum akhirnya berpindah ke Kanaan (Daerah Israel dan Palestina sekarang).

Tidak mudah untuk menentukan lokasi Ur-Kasdim secara tepat. Biasanya yang ditunjuk sebagai lokasi daerah ini adalah Tell el-Muqayyar, situs bekas reruntuhan Kota Ur kuno dari periode Sumeria. Tapi, banyak ahli masih meragukan usulan ini. Sedangkan Haran terletak di bagian utara Mesopotamia, di tepi Sungai Eufrat.

Beberapa catatan lain bisa dikemukakan untuk menunjukkan hubungan antara Abraham dengan Mesopotamia. Dalam kitab Ulangan 26,3; Nabi Musa mengajak umat untuk berdoa kepada Tuhan saat mempersembahkan panen pertama dengan mengawalinya, Bapaku adalah seorang Aram, seorang pengembara.

Di tempat lain dikatakan, Ishak , anak Abraham, diperintah Abraham untuk mencari istri dari daerah Aram-Mesopotamia (aram-naharayim) (Kejadian 24,2.10). Demikian juga dengan Yakub, cucu Abraham, dia disuruh pergi ke Padan-Aram untuk mendapatkan istri di sana (Kejadian 28,2). Dalam terjemahan Yunani Septuaginta, kedua nama terakhir ini disebut Mesopotamia.

Begitulah, melalui beberapa teks itu kelihatan, Abraham, Bapa Orang Beriman, tampaknya mempunyai hubungan dengan Mesopotamia.

SELAIN petunjuk yang secara eksplisit ada dalam Alkitab, masih bisa ditemukan informasi lain yang menunjukkan pengaruh Mesopotamia yang cukup kuat. Kini sudah lazim diterima bahwa kisah Penciptaan dan kisah Air Bah yang terkenal itu, yang dikisahkan pada bagian awal kitab Kejadian, sebenarnya kuat dipengaruhi sastra Mesopotamia. Biasanya ada tiga karya sastra Mesopotamia yang ditunjuk, yaitu Enuma Elish (dari abad 17 SM), Epic Gilgamesh (abad 20 SM), dan Athrahasis (abad 18-17 SM). Teks-teks itu cukup terkenal dan tersebar luas karena ditemukan dalam berbagai versi dan bahasa, seperti versi Akkadia, Sumeria, Hittit, dan Asyur.

Kemiripan antara sastra Mesopotamia dengan teks-teks Alkitab begitu mencolok sehingga orang mau tidak mau menyimpulkan, ada ketergantungan di antara mereka. Karena teks-teks Mesopotamia berasal dari periode yang jauh lebih tua dari teks-teks Alkitab, maka tidak mengherankan jika bisa disimpulkan, teks Alkitab bergantung pada sastra Mesopotamia itu. Para penulis Israel tampaknya mengambil dan memanfaatkan teks-teks Mesopotamia itu untuk mengungkap keyakinan mereka, sekaligus menyesuaikannya dengan keyakinan itu, terutama di bidang monoteisme: segala yang berbau politeisme dibuang jauh-jauh!

Namun, bila kitab Kejadian disusun oleh para penulis Israel pada awal masa kerajaan, kira-kira abad 10 SM, sementara sampai saat itu tidak ada kontak langsung antara Israel dengan Mesopotamia, lalu dari mana datangnya pengaruh Mesopotamia itu?

Salah satu kemungkinan adalah bahwa kisah-kisah Mesopotamia dibawa ke Palestina-lalu menyebar-saat terjadi perpindahan penduduk besar-besaran dari Mesopotamia yang disebabkan situasi yang agak kacau sekitar abad 19 SM. Kiranya ini juga yang menjadi konteks berpindahnya keluarga Abraham dari Ur ke Haran, lalu ke Kanaan.

Berbagai kebiasaan dan peraturan yang dilakukan para Bapa Bangsa yang tercermin dalam kitab Kejadian ternyata juga menemukan banyak kesamaan dengan kebiasaan dan peraturan yang hidup di daerah Mesopotamia. Sebagai contoh, kekhawatiran Abraham karena dia tidak mendapat keturunan, karena itu harus mewariskan segala miliknya kepada abdinya yang setia, Eliezer (Kejadian 15,1-4), ternyata sejajar dengan praktik yang dilakukan masyarakat Nuzi yang mendiami sebelah timur Sungai Tigris. Hal ini bisa diketahui melalui analisis teks-teks hukum yang berlaku di Nuzi, yang berasal dari abad 15 SM.

Kisah tentang Abraham yang datang ke negeri asing lalu mengaku istrinya sebagai saudarinya (Kejadian 12,10-20) sering membingungkan orang. Tetapi, kini, dengan ditemukannya teks-teks yang berasal dari bangsa Hori di sebelah utara Mesopotamia, berdekatan dengan Haran, hal itu bisa dipahami dengan lebih baik.

Dalam masyarakat Hori, ikatan perkawinan yang paling kuat adalah jika seorang istri sekaligus mendapat status saudari secara hukum. Karena itu, sering terjadi, sesudah perkawinan diadakan upacara lain untuk mengadopsi sang istri menjadi saudari. Hal ini disahkan dengan dua dokumen. Pertama, dokumen tentang perkawinan. Kedua, berkait dengan pengangkatannya sebagai saudari.

Salah satu warisan peradaban Mesopotamia Kuno yang amat bernilai bagi umat manusia adalah kumpulan hukum yang biasa disebut Codex Hammurabi. Kumpulan hukum yang berbentuk balok batu hitam itu ditemukan di Susa tahun 1901 dalam suatu ekspedisi yang dilakukan arkeolog Perancis di bawah pimpinan M de Morgan. Pada bagian atas balok, yang kini ada di Museum Louvre, Paris, ada relief yang menggambarkan Raja Hammurabi dari Babilonia Kuno (1728-1686 SM) sedang menerima hukum dari Dewa Shamash, dewa Matahari yang juga menjadi dewa pelindung keadilan.

Perbandingan dengan kumpulan hukum yang ada dalam kitab Keluaran 21-23 menunjukkan adanya kesejajaran yang dekat. Adanya ketergantungan antara kedua kumpulan hukum itu tidak bisa ditentukan dengan pasti, tetapi pengaruh tidak langsung rasanya merupakan sesuatu yang amat masuk akal.

Codex Hammurabi , yang terdiri dari 282 pasal ditambah Prolog dan Epilog, tidak saja berpengaruh pada kumpulan hukum yang ada dalam Alkitab , tetapi juga pada sistem hukum pada periode selanjutnya. Yang menarik dan mungkin membuat kita (seharusnya) tertunduk malu adalah, kumpulan hukum itu juga mengingatkan kita bahwa sejak abad 18 SM, di Mesopotamia sudah ada seorang pemimpin besar yang sungguh-sungguh mempunyai kesadaran bahwa manusia harus diperlakukan secara adil sebagai manusia.

Kini, pada milenium ketiga, tanah yang sudah memberi banyak sumbangan bagi umat manusia ternyata masih mengalami penganiayaan, entah sampai kapan. Mungkin Hammurabi sendiri akan menangis melihat kenyataan yang bertentangan dengan apa yang pernah ditulisnya dalam Epilog codex-nya yang menggambarkan tujuannya menuliskan hukum:

"Di dadaku kubawa rakyat Sumeria dan Akkadia; mereka berkembang di bawah perlindunganku; aku selalu memerintah mereka dalam kedamaian; aku menaungi mereka dengan kebijaksanaanku.Agar yang kuat tidak menindas yang lemah; agar para yatim piatu dan para janda mendapatkan keadilan; di Babilonia, kota di mana Anum dan Elil menengadahkan kepalanya; di Esagila, kuil yang dasarnya kokoh kuat seperti langit dan bumi; aku menulis kata-kataku yang berharga ini pada monumenku; dan di hadapan patungku, sebagai raja keadilan, aku menetapkannya untuk mengatur hukum di negeri ini; untuk menentukan peraturan bagi negeri ini; untuk memberi keadilan bagi yang tertindas."

Sejarah Mesopotamia diawali dengan tumbuhnya sebuah peradaban, yang diyakini sebagai pusat peradaban tertua di dunia, oleh bangsa Sumer(ia). Bangsa Sumeria membangun beberapa kota kuno yang terkenal, yaitu Ur, Ereck, Kish, dll. Kehadiran seorang tokoh imperialistik dari bangsa lain yg juga mendiami kawasan Mesopotamia, bangsa Akkadia, dipimpin Sargon Agung, ternya melakukan sebuah penaklukan politis, tapi bukan penaklukan kultural. Bahkan dalam berbagai hal budaya Sumer dan Akkad berakulturasi, sehingga era kepemimpinan ini sering disebut Jilid Sumer-Akkad. Campur tangan Sumer tidak dapat diremehkan begitu saja, pada saat Akkad terdesak oleh bangsa Gutti, bangsa Sumer-lah yg mendukung Akkad, sehingga mereka masih dapat berkuasa di "tanah antara dua sungai" itu.


Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Mesopotamia

Peninggalan Prasejarah

Koleksi Arkeologi

NEKARA DAN MOKO

Sebagai sarana upacara minta hujan.
Asal : Tuban . Moko, asal : Pulau Alor
Nekara ini termasuk type Heger I.
Biasanya diatas nekara diberi hiasan katak, menurut kepercayaan katak dianggap sebagai binatang yang dapat mendatangkan hujan.

HASIL BUDAYA PADA MASA PERUNDAGIAN

Sebagai peralatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Masa perundagian ditandai dengan adanya ketrampilan membuat alat-alat dari perunggu. Alat tersebut dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama untuk bertani, berburu dan peralatan untuk upacara.
  1. Kapak sepatu / kapak corong asal Tuban
  2. Ujung tombak asal Tuban
  3. Candrarasa asal Tuban

BENDA-BENDA BEKAL KUBUR

  1. Manik-manik asal Tuban
  2. Manik-manik asal Bodowoso
  3. Manik-manik asal Situbondo
  4. Manik-manik asal Pacitan
Manik-manik tersebut sebagai sarana perlengkapan yang diikut sertakan dalam penguburan, benda berharga tersebut selain dipakai perhiasan juga dipakai bekal kubur. Benda semacam ini mulai ada sejak masa bercocok tanam yang pada saat itu juga berkembang kebudayaan Megalithicum/batu-batu seperti dolmen, kubur batu, dan sebagainya.

SURYA STAMBHA

Asal:Nusa Tenggara Timur
Bahan:Perunggu
Fungsi :Sarana Upacara

PRASASTI ADAN-ADAN

AsalMayangrejo, Kec Kalitidu, Kab. Bajonegoro
PenemuBapak Mardjuki, pada tanggal 2 Maret 1992
BahanTembaga
TulisanJawa Kuno
BahasaJawa Kuno
Jumlah17 lempeng

Angka tahun1223 Caka/ 1301 Masehi
HariSabtu pasaran Legi
Nama rajaKertarajasa Jayawardhana
Nama PermaisuriSri Bhuwaneswari, Sri Rajendradewi, Prajnyaparamita
Nama Pejabat TinggiRakyan Hino, Rakyan Sirikan, Rakyan Mantri Halun

Isi menyebutkan tentang:
  1. Pembebasan tanah di adan-adan dari kewajiban membayar pajak
  2. Mengangkat desa adan-adan berstatus sebagai Sima/Perdikan/Swatantra
  3. Diberikannya daerah adan-adan kepada seorang pendeta raja karena telah berbakti kepada raja Kertarajasa, mengikuti segala penderitaan raja yaitu memakai pakaian kulit kayu, bertingkah susila, taat menjalankan ibadah agama
  4. Batas desa adan-adan, yaitu Tinawun, Kawangan, Jajar, Tambar, Punten, Rakamang, Kebogede, Paran, Panjer, Sanda
  5. Kutukan dari Raja kepada siapa saja yang berani melawan atau merubah keputusan Raja, seperti yang disebutkan dalam prasasti ini.

PRASASTI

Prasasti adalah salah satu sumber penulisan sejarah, berisi peristiwa-peristiwa penting dibidang agama, pemerintahan atau sosial ekonomi. Bahan untuk menulis prasasti bermacam-macam, diantaranya : batu, kayu, logam (emas, tembaga, perak) dsb.
  1. Prasasti Sukun asal Malang
  2. Prasasti Kalimusan asal Malang
  3. Prasasti Bali (dari Stedelijk Historisch Museum Surabaya)
  4. Prasasti ukir Negara asal Wlingi - Blitar
  5. Prasasti Lamongan asal Lamongan
  6. Prasasti Loceret asal Nganjuk

ALAT-ALAT UPACARA

Alat-alat upacara yang digunakan oleh para pemeluk Agama Hindu ini, berhubungan dengan upacara daur hidup. Dalam kehidupan manusia peristiwa lahir hingga mati, banyak peristiwa penting yang perlu diperingati dengan upacara-upacara khusus atau disyahkan melalui kegiatan upacara sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh agama yang dianutnya. Untuk mendukung kegiatan upacara itulah diciptakan alat-alat khusus yang beraneka macam bentuk maupun bahannya, dan biasanya dikaitkan dengan makna-makna tertentu. Lewat upacara manusia dituntut untuk berhubungan dengan Sang Pencipta. Dengan melibatkan unsur-unsur alam seperti : angin, suara, tanah, air dan lain sebagainya, diciptakan suasana yang berbeda dengan keadaan sehari-hari. Oleh karena itu tidak mengherankan bila banyak ditemukan alat-alat upacara, seperti genta, tempat air suci, tempat abu ataupun tempat pripih (benda milik raja yang ditanam sebagai simbul raja tersebut setelah meninggal dunia)

MACAM KOLEKSI

  1. Guci Amerta
  2. Guci Amerta
  3. Genta Pendeta
  4. Genta gantung
  5. Tempat abu jenasah
  6. Tempat pripih
  7. Kendi Tirta Kamandalu

STUPIKA, RELIEF BUDHA, TABLET/MATERAI DAN BEKAL KUBUR

Didaerah Jawa Timur, Stupika diketemukan di Gumuk Klinting Banyuwangi dan Pulai Bawean. Benda cagar budaya yang diperkirakan berasal dari abad ke IX ini, merupakan alat upacara (bekal kubur) bagi pemeluk agama Budha. Didalam stupika terdapat benda semacam Tablet yang bertulis huruf Jawa Kuno, berisi mantra Budhis, dibuat dari bahan tanah liat.Stupika yang ditemukan di pulau Bawean terlihat agak kemerah- merahan (mungkin dibuat dari tanah merah atau dibakar). Penemuan stupika di Gumuk Klinting, Banyuwangi, disetai benda temuan lain berupa Relief Budha, material/Tablet, rambut, lempengan emas dan manik-manik, diduga sebagai bekal kubur.

MACAM-MACAM KOLEKSI

  1. Stupika (Pulau Bawean)
  2. Relief Budha (Gumuk Klinting Banyuwangi)
  3. Relief Budha (Pulau Bawean)
  4. Stupika (Gumuk Klinting Banyuwangi)
  5. Lempengan Emas (Gumuk Klinting Banyuwangi)
  6. Tablet/Materai (Gumuk Klinting Banyuwangi)
  7. Manik-manik (Gumuk Klinting Banyuwangi)

PATUNG PERUNGGU

AsalDesa Kunti, Kec. Bungkal, Pororogo
PenemuParmin pada tanggal 21-8-1992
BahanPerunggu
SifatBudha Tantrayana
Patung perunggu sejumlah 69 buah dan beberapa bagian yang rusak, ditemukan di satu tempat di Desa Kunti, Kec. Bungkal, Kab. Ponorogo. Beberapa patung perunggu yang bersifat Budha Tantrayana ini terdiri dari bermacam- macam bentuk dan sikap, yaitu :
  1. 19 buah berupa patung Dhyanibudha
  2. 13 buah patung Dhyanibodhisattwa
  3. 3 buah patung Kuwera
  4. 32 buah patung dewi Tara
  5. 1 buah patung Dewa Surya
  6. 1 buah berupa Asana/tempat duduk
  7. Beberapa bagian yang berupa pecahan yang belum diketahui secara pasti; baik nama maupun sikapnya.
Suatu hal benatik dari temuan patung di Ponorogo ini adalah, bahwa beberapa diantaranya mempunyai keistemewaan terutama patung yang bersama berbentuk segi empat didalam terdapat gulungan lempengan emas yang tertulisnya huruf jawa kuno, bahasa jawa kuno, berisi mantra Budhis. Dari bentuk tulisannya, diduga berasal dari abad ke X/XI Masehi. Didalam panteon Budha Vajradha Tumandala, dikenal adanya Budha tertinggi yang disebut Adhi Budha. Adhi Budha menjelma dalam wujud Dhyanibudha yang tetap tinggal di surga; bertugas mengawasai ajaran Budha (Dhyani = samadi, budha = tanpa) berhubungan dengan manusia. Adhi budha tercermin dalam manusia Budha (budha manusia). Apabila manusia Budha telah meninggal dunia, maka kelangsungan tugasnya diwakilkan kepas Dhyani Bodhisattwa (Bodhi = pancaran, satwa = sifat), yaitu semacam dewa yang dapat melakukan tugas perwakilan Dhyanibudha hingga akhir dunia. Dari temuan ini terbukti bahwa pengaruh Budha Trantrayana telah masuk di Jawa Timur semenjak awal perpindahan pusat pemerintah dari Jawa tengah ke Jawa timur, yaitu sekitar abad ke X. Budha Tantrayana berkembang sangat pesat di Jawa Timur terutama jaman pemerintahan Raja Kertanegara (Singosari) yang dikenal dengan �Kala Cakra Budhisme untuk menghadapi Raja Kubilai Khan dari Cina. Patung perunggu temuan dari Ponorogo :
  1. 3 Kuwera
  2. 8 Dhyani Budha Ratnasambawa
  3. 1 Dhyani Budha Wairocana
  4. 7 Dhyani Budha Amoghasidi
  5. 4 Dhyani Budha Bodhisattwa
  6. 6 Dhyani Budha Budha Aksobhya
  7. 2 Dhyani Budha Amitabha
  8. 5 Manjusri

ALAT-ALAT PADA MASA BERCOCOK TANAM

Pada masa bercocok tanam, masyarakat hidup bertani untuk mengerjakan sawah, mereka menggunakan alat terutam jenis beliung persegi dan kapak lonjong. Untuk berburu menggunakan alat berupa cundrik tulang, sedangkan untuk mencari kayu menggunakan alat berupa kapak tangkai.

MACAM KOLEKSI

  1. Kapak tangkai
  2. Kapak lonjong
  3. Cundrik Tulang
  4. Beliung persegi

ALAT-ALAT JAMAN PRASEJARAH DARI PACITAN

Alat kerja jaman Prasejarah ini digunakan pada masa berburu dan mengumpulkan makan tinfkat sederhana. Jenis kapak berimbas mempunyai multi fungsi, selain alat untuk mencari ubi juga untuk berburu. Dalam kegiatan berburu, terutama mulai pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut manusia juga menciptakan ujung anak panah dari batu.

MACAM KOLEKSI

  1. Kapak Perimbas
  2. Kapak penetak
  3. Bahan beliung persegi
  4. Ujung anak panah
  5. Beliung Persegi

Sumber :
http://members.tripod.com/~mputantular/arkeolog.html

Peradaban Sungai Kuning

SEJARAH Di propinsi Sichuan, ahli-ahli ilmu purbakala baru mengaktualkan sisa sebuah bangunan ibadat kuno berusia 4.500 tahun. Penemuan menggemparkan ini mempertanyakan ulang pelbagai faham yang diterima mengenai masyarakat primordial Cina.

Sumber asal muasal peradaban Cina
peta.JPG (111074 bytes) Segugusan arkeolog Cina-Jepang yang mengerjakan penelitian atas tamaddun Yangtze-Kiang (Changjiang) telah menrangsangkan sebagian orang Jepang ketika mencanang sedang menemui Piramida di situs Longma, baratdaya Chengdu (propinsi Sichuan). Akhirnya, jika terbukti puing dalam pertanyaan itu bagian tempat pendupaan atau klenteng yang dibangun di tengah-tengah kawasan berdinding, apa yang membuat para penyidik tanyai diri kalau itu bukanlah soal peninggalan-peninggalan kota-negara benaran yang berumur 4.500 tahun.

Kota Sumeria Ur, kota-negara Mesopotamia pertama, ziggurat berlantai tiga didirikan sekitar 4.100 tahun lalu. Di sanapun, kuilnya terletak di pusat kota, dalam pada kubu, dan, walaupun bangunan yang didapati di Longma barangkali tidak setinggi itu, bentuk wujudnya mengingat akan ziggurat.

Di kota Cina sediakala sungai Kuning (Huanghe), sebaliknya, istana umumnya dibangun pada pertengahan zona yang didemarkasi dinding benteng, bangunan ibadat bertempat di luar. Penanggungjawab tim penelitian Cina-Jepang, Takayasu Higuchi, direktur Lembaga Ilmu Arkeologi Kashihara, penuh dengan harapan: "Seandainya betul-betul menyangkut bekas sebuah bangunan ibadah, mungkin terdapat persamaan dengan sivilisasi lain."

Hanya sampai di sini, seseorang membuat inventaris tentang empat peradaban besar. Yang pertama berkembang sekitar 10.000 tahun silam di wilayah sungai Tigris dan Euphate, setelah tampaknya pertanian di daerah Jarmo (Irak) yang relatif lembab. Tiga ribu tahun kemudian, pengaruhnya mencapai tepi Nil agar melahirkan tamaddun Mesir. Berikutnya, seseorang meyaksikan timbulnya sivilisasi Indus, terutama berkembang di Mohenjo-Daro (Pakistan), dan alhasil di Cina, sungai Kuning, dengan pemukiman Banpo, Yang Shao dan Longshan (3.500 tahun lalu). Di Mesopotamia, pemeliharaan gandum dan sayur mayur maupun peternakan domba dan babi membentukkan dasar susunan penghasilan canggih yang merupakan sebab-muzabab, 7.000 tahun silam, penjelmaan kota semula di Sumeria. Di Cina, kultivasi gandum dan sekoi sama-sama dipraktekkan di wilayah sungai Kuning, khususnya dalam pada kawasan Per Ligang dan Cishan, 80 dasawarsa silam.

Kebiasaan pemeliharaan beras kurang lebih setua yang untuk gandum
Teori menurut apa peradaban Cina mungkin terlahir di wilayah sungai Kuning sudah dipertanyakan kembali. Tahun 1986, Wang Zaide, profesor universitas agronomi Beijing, telah menerbitkan hasil karya-karya yang meunjukkan, empat puluh letak di mana pemeliharaan beras sebelumnya berada, yaitu di Hemudu, di kawasan rendah Yangtze-Kiang, itu sudah dilakukan 7.000 tahun lalu. Situs kultivasi beras telah ditemui selanjutnya, terutama di Pengtu, Hunan, di mana terdapat beberapa yang berusia 9.000 tahun, dan suatu mata rantai membuktikan bagan-bagan padi tertanggal 10.000 tahun lebih di kedua situs propinsi itu, Penyelidikannya kini berlanjut menetapkan yang mana dari kedua budaya Cina lebih awal.

Pada fihak lain, serangkaian pendapatan datang memperhubungkan eksistensi tamaddun Yangtze-Kiang. Demikianlah, atas letak Sanxingdui, di Guanghan (propinsi Sichuan), seseorang telah membongkar sejumlah sisa topeng perunggu dan mas sama mata-mata menjulang. Sedangkan di Liangzhum, kawasan rendah sungai, seseorang menemui runtuhan bangunan mentereng tertanggal 4.000 sampai 5.000 tahun dan sejumlah mahabesar permata-permata dari tarikh sama, beberapa di antaranya menyandang ukirannya. Dalam pada sebuah makam yang digali di Chengdu, di mana situs Longma terletak, seseorang telah mendapati juga inskripsi-inskripsi yang diukir atas tutup-tutup kan-kan anggur. Pelbagai peneliti melihat dalam ukiran ini sejenis sistem penulisan lain sama lambang yang diperhatikan atas punggung atau kulit kura-kura, dan dapat anggapan sebagai leluhur ideogram yang ditemui di wilayah sungai Kuning.

Shiji yang dikarang oleh Sima Qian di bawah naungan dinasti Han [Surat peringatan bersejarah, buku historis Cina kuno yang ditulis menjelang akhir abad I dan II S.M.], mengusut lagi hikayat kerajaan yang dibina Xia, Yin, Zhou di wilayah sungai Kuning, namun juga terdapat kerajaan yang bereksistensi di wilayah Yangtze-Kiang. Umpama kata yang ke-dua kurang tersohor, mungkin karena, korban-korban "bentrokan peradaban", mereka dibinasakan oleh yang pertama. Atau bahkan menurut teori lainnya, lantaran populasinya bisa pindah ke arah sungai Kuning, menyusul banjir-banjir Yangtze-Kiang, sesuatu yang dapat menggesakan sirnanya tamaddun mereka.

Bakal mirip apa dataran Sichuan dalam masa ini, di mana situs Longma dan Sandingxui terletak? Manakala seseorang memercayai Ichiro Kominami, profesor universitas Kyoto, "Kemungkinan itu pernah jadi halaman rumah peradaban Cina khas yang mempunyai ikatan erat sekali sama yang dari Indus dan Mesopotamia."

Sumber :
http://www.indo.net.id/mbs/sumber_asal_muasal_peradaban_Cina.htm

Soal Latihan KD

SOAL Ulangan Harian KD II A

  1. Sebutkan ciri-ciri hasil kebudayaan Mesolithikum !
  2. Pada masa lalu gerabah di fungsikan untuk apa saja ? Jelaskan
  3. Apa saja hasil kebudayaan bangsa Melayu Tua ?
  4. Jelaskan dengan singkat mengenai keadaan bumi pada zaman Arkaikum !


SOAL Ulangan Harian KD II B

  1. Sebutkan macam-macam peralatan pada zaman Mesolithikum yang di temukan di gua-gua ?
  2. Tradisi gerabah bau Melayu menyebar ke daerah yang amat luas, Sebutkan !
  3. Sebutkan kebudayaan bangsa Melayu muda !
  4. Jelaskan Pembagian Zaman Batu serta pola kehidupan masyarakatnya !

SOAL Ulangan Harian KD II C

  1. Jelaskan wujud seni pada zaman Mesolithikum !
  2. Sebutkan jalur penyebaran budaya Bacson Hoabinh melalui Jalur Barat dan Timur !
  3. Sebutkan Langkah pertama pembuatan alat dari logam dengan cara a cire perdue !
  4. Jelaskan pembagian zaman Holosen !


SOAL Ulangan Harian KD II D

  1. Jelaskan cara pembuatan alat-alat perunggu yang dilakukan dengan cara teknik bivalve dan teknik a cire perdue !
  2. Sebutkan penduduk asli bangsa Melayu tua ?
  3. Jelaskan hasil budaya Megalithikum yang anda ketahui !
  4. Jelaskan pembagian zaman Logam serta pola kehidupannya !


Jawaban SOAL KD II A

  1. Ciri – ciri hasil budaya kebudayaan Mesolithikum adalah :

a. Telah diasah sebelah

b. sebagian besar bentuk peralatannya kecil-kecil

  1. Gerabah di fungsikan untuk tempat air dan makanan . Gerabah juga di gunakan untuk upacara keagamaan sebagai tempat sesajen, sedangkan untuk upacara penguburan gerabah di gunakan sebagai bekal kubur.

  1. Hasil Kebudayaan bangsa Melayu Tua adalah : Kapak persegi dan kapak lonjong

Jawaban SOAL KD II B

  1. Peralatan pada zaman mesolithikum yang di temukan di gua-gua adalah :

- ujung mata panah , flekes, batu tua, penggilingan, kapak-kapak yang telah diasah dan peralatan dari tulang.

  1. Tradisi gerabah bau melayu menyebar ke Cina Selatan, Vietnam Bagian Utara, taiwan, dan beberapa tempat di Philipina, Malaysia timur dan juga Indonesia.

  1. Kebudayaan bangsa Melayu muda adalah :

- kapak corong, kapak sepatu, dan nekara, dan juga mengembangkan kebudayaan Megalithikum

Jawaban SOAL KD II C

  1. Wujud seni pada zaman Mesolithikum adalah :

a. Lukisan pada kapak berupa garis sejajar dan lukisan seperti mata yang di temukan di kjokken moddinger.

b. Lukisan Babi Hutan

c. Lukisan berupa tapak tangan merah

  1. Jalur penyebaran budaya Bacson Hoabinh melalui jalan barat dan timur :

- Jalur barat melalui wilayah wilayah melayu – sumatra – jawa, alat kebudayaan kapak genggam jenis Pebbles

-. Jalur timur melalui Pulau Formosa – Filiphina – Sulawesi, alat kebudayaan jenis kapak pendek.

Jawaban SOAL KD II D

  1. Cara pembuatan alat-alat prunggu teknik Bivalve dan o cire purdue

  1. Penduduk asli bangsa melayu tua : Orang-orang Astronesia dari yunan yang datang pertama kali ke Nusantara sekitar th 1500 SM

  1. Hasil budaya Megalithikum adalah : Menhir, waruga, dolmen, penden berundak, sarkofagus, kubur batu, arca dan lain-lain.


Soal Latihan UAS Genap

Mata Pelajaran : Sejarah Hari/Tanggal :.......................................

Kelas / Semester : X / II (Genap) Waktu : 90 Menit

  1. Kehidupan dimuka bumi mulai muncul pada masa............

a. Archaekum

b. Paleozoikum

c. Mesozoikum

d. Neozoikum

e. Megalitikum

  1. Zaman Neozoikum terbagi menjadi 2 (dua) yaitu...............

a. Plesistosen diluvium

b. Holosen dan alluvium

c. Plesifosen dan kwarter

d. Tersier dan kwarter

e. Plesistosen dan Holosen

  1. Sebelum manusia mengenal tulisan, peradabannya hanya dapat kita ketahui dari....

a. Artefak

b. Kehidupannya

c. Keluarganya

d. Suku Bangsanya

e. Karya sastranya

  1. Pada zaman batu tua, pola kehidupan manusianya adalah.......

a. Nomaden

b. Setengah Menetap

c. Menetap

d. Berhuma

e. Ladang berpindah

  1. Zaman batu baru, pola kehidupannya manusianya adalah...........

a. Setengah menetap

b. Ladang berpindah

c. Nomaden

d. Berhuma

e. menetap

  1. Bumi benar-benar terwujud pada zaman..............

a. Arkhaikum

b. Paleozoikum

c. Mesolitikum

d. Mesozoikum

e. Neozoikum

  1. Alat Zaman Neolitikum adalah...............

a. Chopper

b. Nekara

c. Dolmen

d. Menhir

e. kapak lonjong

  1. Homo sapiens hidup pada zaman.............

a. Pleistosen

b. wajakensis

c. Neolitikum

d. Holosen

e. Paleolitikum

  1. Manusia kera adalah sebutan untuk manusia purba..........

a. Meganthropus

b. Homo sapiens

c. Homo Soloensis

d. Pithecanthropus

e. Homo Wajakensis

  1. Salah satu hasil budaya zaman Mesolitikum adalah...............

a. Chopper

b. pebbles

c. flakes

d. hache courte

e. pipisan

  1. Fosil Meganthropus Paleojavanicus pertama kali di teliti oleh........

a. Ny. Selenka

b. Ter Har

c. Prof .Yacob

d. Oppenoorth

e. Von Koeningswald

  1. Volume Otak Pithecanthropus Erectus adalah.............

a. 1000 cc

b. 900 cc

c. 800 cc

d. 750 cc

e. 600 cc

  1. Wilayah yang pernah menghubungkan daratan Australia dengan Asia bagian timur disebut dengan .................

a. Paparan Sunda

b. Paparan Sahul

c. Wallace line

d. Gletser

e. Kutub Selatan

  1. Pembagian zaman pra sejarah menjadi zaman batu dan zaman logam dapat dilihat dari sudut pandang..............

a. manusia purbanya

b. sistem kepercayaannya

c. Alat perlengkapan hidupnya

d. Organisasi Sosialnya

e. pola hidupnya

  1. Spesies manusia purba telah muncul pada kala Holosen adalah.........

a. Homo Soloensis

b. Homo Sapiens

c. Pithecanthropus Erectus

d. Pithecanthropus Mojokertoensis

e. Homo Wajakensis

  1. Ras manusia purba yang telah hidup pada zaman Pleistosen adalah..........

a. Melanosoid

b. Mongoloid

c. Homo Soloensis

d. Astromelanosoid

e. Homo Erectus

  1. Homo Wajakensis di temukan oleh...........

a. Van Reictshotten

b. Eugene Dubois

c. Ralph Von Kooningwald

d. Ter Haar

e. Oppernoorth

  1. Bukti adanya upacara penguburan pada zaman batu tua terlihat dari situs peninggalan di gua...

a. Trinil

b. Mesir

c. Shamidar

d. Lembah sungai gangga

e. Mesopotamia

  1. Tokoh yang memberi sebutan ciri khas kebudayaan Mesolitikum adalah kebudayaan Bacson Hoabinh yaitu.......

a. H. Korm

b. Madeleine coloni

c. De Young

d. Darwin

e. Van den Bosch

  1. Ras yang masuk ke wilayah nusantara pada zaman Mesolitikum adalah ras.............

a. Papua Melanesoid

b. Negroid

c. Mongoloid

d. Kaukasoid

e. Khausanoid

  1. Ras papua Melanesoid sekarang berada di wilayah............

a. Jawa

b. Madura

c. Irian

d. Sulawesi

e. Kalimantan

  1. Jenis peralatan yang di temukan di kjokkenmoddenger adalah................

a. Cangkul

b. Belanga

c. Hache Courte

d. Sarkofagus

e. waruga

  1. Pada zaman Mesolitikum, nenek moyang sudah mengenal seni, diantaranya lukisan.........

a. Kelelawar

b. Lembu

c. Babi Hutan

d. Harimau

e. Gajah

  1. Kebudayaan Dongson dikenal sebagai asal lahirnya kebudayaan.............

a. Batu tua

b. Batu tengah

c. Logam

d. Batu baru

e. Batu muda

  1. Masuknya kebudayaan Dongson ke Nusantara bersamaan dengan zaman perundagian, yakni masa manusia mulai mengenal alat............

a. Batu kasar

b. Batu halus

c. Batu tengah

d. Batu besar

e. Pertukangan

  1. Peradaban lembah Indus berupa kota kuno, yaitu ..............

a. yunani dan romawi

b. Mahenjo Daro dan Harappa

c. Artha dan Athena

d. Sparta dam Athena

e. Mesir dan Arab

  1. Benda kuno yang terdapat di kota Mahenjo daro dan Harappa berupa ..................

a. Kapak

b. gerabah

c. periuk

d. terra cotta

e. guci

  1. Pendukung Kebudayaan Gangga adalah bangsa...........

a. Arya

b. Dravida

c. Ksatria

d. Brahmana

e. Waisya

  1. Kebudayaan Gangga yang terkenal adalah 3 (tiga) Dewa Hindu, yang di sebut..........

a. Tri Buddha

b. Tri Hindu

c. Tri Murti

d. Tri Sakti

e. Tri rama

  1. Di China dikenal adanya ajaran Tao, yang di perkenalkan oleh...........

a. Fu shi

b. Huang Ti

c. Shun

d. Lui Tsu

e. Lao Tse

  1. Dinasti tertua di China adalah...........

a. Dinasti Chin

b. Dinasti Han

c. Dinasti Sui

d. Dinasti Shang

e. Dinasti Chou

  1. Pada zaman dinasti Shang telah mengenal tulisan kuno piktograf yang di sebut...........

a. Chun - Chun

b. Fu - Fu

c. Honji

d. Hieroglif

e. Labyrinth

  1. Keruntuhan Sumeria terjadi karena ........................

a. Serangan Bangsa Assiria

b. Serangan Bangsa Akadia

c. dikuasai Inggris

d. Jatuh ke tangan romawi

e. di serang Macedonia

  1. Babylonia kuno mencapai puncak kejayaan pada masa..............

a. Raja Sargon

b. Fir'aun

c. Ashurbanipal

d. Nebukadnezar

e. Raja Hammurabi

  1. Salah satu sebab keruntuhan Romawi adalah...............

a. Pecahnya kekaisaran Romawi Barat dan Timur

b. Kaisar yang mampu memberikan teladan yang baik

c. Kuatnya pertahanan Romawi

d. Serangan bangsa Akadia

e. Serangan Macedonia

  1. Menurut penyelidikan Von Heine Goldorn, pada tahun 2000 SM – 500 SM terjadi perpindahan bangsa dari.............

a. dari Eropa ke Asia

b. Asia ke Australia

c. dari Asia ke Selatan daratan Asia

d. ke Amerika latin, terutama Orang Indian

e. dari Australia ke daratan Asia

  1. Perpindahan manusia purba yang terjadi pada 500 SM sudah membawa budaya................

a. Paleolithikum

b. Mesolithikum

c. Neolithikum

d. Megalithikum

e. Perunggu

  1. Perpindahan bangsa- bangsa yang mendiami pulau-pulau di sebelah selatan asia di sebut...........

a. papua melanesoid

b. Austroaustralia

c. Austronesia

d. Melanesia

e. Polinesia

  1. Bangsa Austronesia akhirnya mendiami daerah yang amat luas, pulau-pulau paling timur yang didiami bangsa ini adalah pulau........

a. Madagaskar

b. Paskah

c. Taiwan

d. Selandia Baru

e. Myanmar

  1. Kapak sepatu yang datang di Indonesia berasal dari kebudayaan ....................

a. India Selatan

b. India Utara

c. Dongson

d. Kampuchea

e. Myanmar.

Soal Uraian :

  1. Jelaskan dengan singkat mengenai keadaan bumi pada zaman Arkaekum !

  1. Jelaskan mengenai pembagian zaman batu serta pola kehidupan masyarakatnya !

  1. Sebutkan ciri-ciri umum yang terdapat di peradaban awal masyarakat di dunia !

  1. Apa faktor-faktor yang menyebabkan kebudayaan Indus runtuh ?

  1. Sebutkan peninggalan-peninggalan kebudayaan China !

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda :

  1. B 21. C
  2. D 22. C
  3. A 23. C
  4. A 24. C
  5. E 25. E
  6. E 26. B
  7. E 27. D
  8. D 28. A
  9. D 29. C
  10. D 30. E
  11. E 31. D
  12. B 32. C
  13. B 33. B
  14. C 34. E
  15. B 35. A
  16. A 36. C
  17. A 37. E
  18. C 38. C
  19. B 39. B
  20. A 40. C

Kunci Jawaban Soal URAIAN :

  1. Pada zaman Arkaekum, kulit bumi masih membara karena memiliki temperature yang sangat tinggi. Pada masa tersebut, di perkirakan belum ada tanda-tanda kehidupan dan bumi masih dalam pembentukan menjadi padat.

42. Pembagian zaman batu dan pola kehidupan masyarakatnya :

a. Zaman batu tua, masyarakat hidup berpindah-pindah (nomaden) dan mengumpulkan makanan ( food gathering ).

b. Zaman Batu madya, masyarakat tinggal di gua-gua ( abris sour roche ) dan meningglkan sampah dapur ( kjokken moddinger ).

c. Zaman Batu muda, masyarakat memproduksi makanan ( food producing ) dan tinggal menetap di desa-desa kecil.

d. Zaman Batu besar, masyarakat membuat bangunan-bangunan dari batu besar.

43. Ciri-ciri umum peradaban :

a. Pembangunan kota-kota baru dengan tata ruang yang baik, indah, dan modern.

b. Sistem pemerintahan yang tertib karena mendapat hukum dan aturan-aturan.

c. Masyarakat terbagi dalam jenis pekerjaan,keahlian dan strata sosial yang jauh lebih kompleks

d. Berkembangnya beragam ilmu pengetahuan dan tekhnologi baru yang lebih maju seperti astronomi, kesehatan, bentuk tulisan, arsitektur, kesenian dll.

44. Disebabkan adanya bencana banjir dari sungai indus ( sindhu ) dan karena diserang bangsa arya

45. a. Tulisan kuno Piktograf c. Mengenal Ilmu Astronomi e. Ajaran filsafat /Konfusianisme

b. Tembok besar china d. Menentukan Penanggalan

Soal Latihan UAS 2008-2009


SOAL PILIHAN

  1. Kata yang memiliki arti masa lampau dalam sejarah adalah :
    1. Syajarah
    2. Syajaratun
    3. History
    4. Story
    5. Istaria

  1. Sejarah dianggap berkesinambungan adalah....
    1. masa lalu dilukiskan secara urut dalam kurun waktu
    2. Sejarah ada hubungannya dengan sebab akibat
    3. Kebenaran bersifat sementara sebab masih ada kebenaran yang hakiki
    4. Peristiwa sejarah menyangkut masa lampau, masa kini & masa yang akan datang
    5. Kisah sejarah itu berdiri sendiri

  1. Ada tiga aspek dalam sejarah, yaitu ......
    1. Masa lampau , sekarang, masa yang akan datang
    2. Sejarah alam, manusia dan bumi.
    3. Benda hidup, benda mati, dan benda hidup tak bergerak.
    4. Alam dalam laut, darat, dan udara
    5. Ruang lingkup kehidupan dahulu, sekarang, dan akan datang.

  1. Peristiwa sejarah disebut peristiwa abadi sebab.......
    1. belajar sejarah hanya mempelajari peristiwa saja.
    2. Setiap sejarah tidak akan terulang lagi.
    3. Penjajahan hanya satu kali, sedudah itu merdeka.
    4. Sejarah kerajaan harusnya satu kali selamanya.
    5. Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang tidak pernah berubah dan tetap dikenang sepanjang masa.

  1. Sejarah sebagai ilmu adalah.......
    1. Sejarah hasil karya para peneliti yang di tulis dan dapat di pertanggung jawabkan.
    2. Peristiwa sejarah pada hakikatnya tidak mungkin diamati sebagai peristiwa.
    3. Kejadian masa lampau untuk pijakan masa kini.
    4. Peristiwa yang disusun secara sistematis dengan metode kajian ilmiah.
    5. Peristiwa sejarah merupakan ilmu yang mengungkap tokoh tertentu.

  1. Sejarah dianggap sebagai peristiwa sebab........
    1. Sejarah hasil karya para peneliti yang di tulis dan dapat di pertanggung jawabkan
    2. Peristiwa sejarah pada hakikatnya tidak mungkin diamati sebagai peristiwa.
    3. Peristiwa masa lampau untuk pijakan masa kini.
    4. Peristiwa yang disusun secara sistematis dengan metode kajian ilmiah.
    5. Peristiwa sejarah mengisahkan seorang tokoh tertentu.

  1. Peristiwa sejarah merupakan peristiwa penting sebab..............
    1. peristiwa menyangkut keselamatan manusia
    2. peristiwanya untuk kepentingan masyarakat dunia
    3. peristiwanya membawa penyelamatan negara.
    4. Peristiwanya menjadi momentum karena mempunyai arti bagi orang banyak.
    5. Peristiwa sejarah mengisahkan seorang tokoh tertentu.

  1. Peristiwa sejarah dikatakan peristiwa unik sebab...........
    1. Aneh
    2. Sepanjang masa
    3. Khusus
    4. Yang menyangkut seluruh ummat
    5. Hanya satu kali terjadi tidak pernah terulang

  1. Sejarah dianggap sebagai kisah maksudnya........
    1. Sejarah hasil karya para peneliti yang di tulis dan dapat di pertanggung jawabkan.
    2. Peristiwa sejarah pada hakikatnya tidak mungkin diamati sebagai peristiwa.
    3. Kejadian masa lampau untuk pijakan masa kini.
    4. Peristiwa yang disusun secara sistematis dengan metode kajian ilmiah.
    5. Peristiwa sejarah merupakan ilmu yang mengungkap tokoh tertentu.

  1. Objek kajian sejarah adalah.............
    1. manusia dan alam sekitar
    2. manusia dan makhluk hidup
    3. kejadian dimasa lalu yang merupakan sebab akibat
    4. peristiwa yang paling awal kejadiannya.
    5. Sumber yang disusun secara rasional

  1. Di bawah ini merupakan salah satu syarat dari ilmu sejarah.....
    1. Ada masalah yang menjadi objek
    2. Ada metode
    3. Tersusun secara sistematis
    4. Menggunakan pemikiran yang rasional
    5. Di buktikan dari dokument yang telah di uji.

  1. Berikut ini yang termasuk penyebab atau alasan sejarah harus memiliki syarat sebagai ilmu adalah.........
    1. memiliki objek kajian, yakni kajian masa lalu
    2. adanya metode sejarah yang menghubungkan bukti-bukti sejarah
    3. menyusun kisah secara sistematis
    4. kebenaran fakta di peroleh dar penelitian yang disusun secara rasional
    5. semua jawaban tepat dan benar

  1. Pembabakan waktu yang berurutan sesuai waktu kejadian disebut........
    1. Kronologi
    2. Metodologi
    3. Periodisasi
    4. Historiografi
    5. Kronik

  1. Kejadian dimasa lalu yang merupakan hukum sebab akibat di sebut sejarah.....
    1. metode
    2. periodisasi
    3. fakta
    4. objek kajian
    5. bukti-bukti

  1. Semua fakta kronologi memberi bahan kepada para peneliti untuk mendapat penafsiran yang saling ada hubungannya disebut ..........
    1. Kronologi
    2. Metodologi
    3. Periodisasi
    4. Historiografi
    5. Kronik

  1. Kebenaran fakta dalam sejarah adalah objektif maksudnya adalah fakta yang..
    1. nyata
    2. telah diolah
    3. kurang baik harus ditinggalkan
    4. harus langsung dilupakan
    5. tidak boleh ditambah atau dikurangi dalam menyusun kisah sejarah

  1. Kebenaran dapat di buktikan dari dokumen yang telah diuji sebagai......sejarah
    1. fakta
    2. doktrin
    3. syarat
    4. metode
    5. manfaat

  1. Semua catatan kejadian yang akan diurutkan sesuai dengan waktu kejadiannya disebut......
    1. Kronologi
    2. Metodologi
    3. Periodisasi
    4. Historiografi
    5. Kronik

  1. Dibawah ini yang tidak termasuk benda purbakala zaman pra sejarah yang di gunakan sebagai periodisasi adalah...................
    1. artefak
    2. fitur
    3. ekofak
    4. situs
    5. denah

  1. Sejarah memberi pengalaman, berarti berguna untuk.........
    1. edukatif
    2. inspiratif
    3. ilham
    4. rekreatif
    5. ambisi

  1. Zaman sejarah di Indonesia dimulai sejak......
    1. ditemukan sumber tertulis
    2. adanya agama Hindu dan Buddha
    3. manusia itu ada
    4. bumi itu ada
    5. lahirnya bangsa Indonesia

  1. Kronik adalah...........
    1. semua peristiwa sejarah
    2. semua catatan kejadian yang tidak diurutkan sesuai waktu terjadinya
    3. kejadian pada masa lalu
    4. semua kejadian menyangkut kehidupan manusia
    5. semua kejadian alam sekitar manusia.

  1. Objek kajian sejarah adalah.........
    1. peninggalan kuno
    2. penguasa negara
    3. manusia pelaku sejarah
    4. kejadian masa lalu

  1. Apabila kita membaca kisah sejarah, kita akan........
    1. Sugesti
    2. Ambisi
    3. Mendapat inspirasi
    4. Emosi
    5. Simpati

  1. Dalam bahasa Inggris, kata sejarah di sebut history, artinya.........
    1. masa lampau
    2. pohon
    3. belajar masa lampau
    4. sesuatu telah terjadi
    5. kejadian yang menyangkut manusia

  1. Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, karena........
    1. peristiwa itu tidak pernah berubah
    2. perisitiwa itu tidak pernah berubah
    3. peristiwa itu merupakan peristiwa penting
    4. peristiwa tiu menjadi pedoman hidup masyarakat
    5. peristiwa itu menjadi momentum yang sangat penting

  1. Zaman ketika manusia belum mengenal tulisan di sebut zaman........
    1. aksara
    2. pra aksara
    3. batu
    4. purba
    5. kuno

  1. Manusia menggantungkan hidupnya dari hasil perburuan di sebut hidup....
    1. Menetap
    2. sedenter
    3. semidenter
    4. Food producing
    5. Food gathering

  1. Masyarakat yang belum mengenal tulisan meninggalkan budaya berupa.....
    1. suluk
    2. candi
    3. tambo
    4. Babad
    5. Prasasti

  1. Cara hidup food producing dimulai sejak......
    1. mengumpulkan makanan
    2. menetap
    3. berburu
    4. berburu & meramu
    5. meramu

  1. Hidup bercocok tanam dimulai sejak ..............
    1. berladang
    2. bersawah
    3. berburu
    4. ladang berpindah
    5. mengumpulkan makanan

  1. Jenis manusia purba pithecanthropus sudah ada sejak zaman.....
    1. paleolithikum
    2. mesolitikum
    3. neolitikum
    4. megalitikum
    5. perundagian

  1. Pabble dan hache courte merupakan alat pada zaman.........
    1. paleolithikum
    2. mesolitikum
    3. neolitikum
    4. megalitikum
    5. perundagian

  1. Persawahan mulai dikenal sejak zaman.............
    1. paleolithikum
    2. mesolitikum
    3. neolitikum
    4. megalitikum
    5. perundagian

  1. Folklore non lisan berbentuk..........
    1. bahasa
    2. teka-teki
    3. puisi rakyat
    4. cerita khayal tentang binatang
    5. benda budaya

  1. Zaman Pra aksara di Indonesia berakhir pada saat di temukan.........

a. kjokkenmoddinger

b. abris sous roches

c. Kapak pendek

d. Kapak lonjong

e. Sumber tertulis

  1. Masyarakat pra aksara mewariskan masa lalunya melalu hal-hal berikut,kecuali......

a. Gua sebagai tempat tinggal mereka

b. Kepandaian bersawah

c. Sisa bukit sampah

d. Peralatan yang dipakai sehari-hari

e. Melalui foto-foto masa lalu

  1. Kebudayaan wayang semula bertujuan untuk .........

a. Hiburan saja

b. Menyambut tahun baru

c. Menyambut penguasa

d. Pemujaan roh

e. Upacara perkawinan

  1. Cerita rakyat yang tidak pernah terjadi di sebut..........

a. Dongeng

b. Folklore

c. Legenda

d. Mitologi

e. Upacara

  1. Tari saman dan sedati berasal dari...........

a. Nias

b. Aceh

c. Irian

d. Jawa Tengah

e. Batak

Oleh : FARIDAH ALI , S.Pd

*****************************************************************